0
Media Pembelajaran : Energi


Energi secara umum didefinisikan sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu usaha atau kegiatan.  Energi tidak dapat diciptakan atau dihilangkan, energi hanya dapat dirubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain, pernyataan ini dikenal sebagai Hukum Kekekalan Energi. 

 Terdapat berbagai bentuk energi, diantara banyak energi tersebut, energi yang terkait dengan benda bergerak adalah Energi Kinetik, Energi Potensial dan Energi Mekanik. 

Energi Kinetik adalah energi yang terdapat pada benda yang bergerak secara horizontal. Besar energi kinetik berbanding lurus dengan massa dan kecepatan benda bergerak. secara matematis, energi kinetik dituliskan dalam persamaan :
Ek = ½ mv2
 

Sedangkan, energi potensial, adalah energi yang terkait dengan benda yang bergerak secara vertikal, atau dapat dikatakan benda yang bergerak dalam pengaruh gravitasi bumi. Besar energi potensial berbanding lurus dengan kedudukan benda dari titik acuan (permukaan bumi), besar gaya gravitasi dan massa benda. Secara matematis, energi potensial dituliskan dalam persamaan : 
Ep = mgh

Energi mekanik merupakan energi yang dihasilkan oleh benda yang bergerak secara vertikal dan horizontal
secara bersamaan. Contoh dari gerak ini adalah mobil yang menaiki atau menuruni sebuah bukit. Energi mekanik merupakan hasil dari energi kinetik dan energi potensial atau secara matematis, energi mekanik dapat dituliskan dalam persamaan : 


EM = Ek + Ep

Berikut ini, disajikan, Media Pembelajaran : Energi,  dalam file berekstensi swf  disertai dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan file tersebut. Semoga media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menjelaskan materi energi kepada peserta didik di kelas. 


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top