0
Media Pembelajaran: Alat Ukur Listrik
Listrik didefinisikan sebagai perubahan kedudukan elektron atau proton yang menyebabkan terjadinya efek tarikan dan penolakan gaya. secara umum, listrik dianggap sebagai bentuk energi yang ditimbulkan oleh aliran muatan dari kutub positif menuju kutub negatif (beda tegangan) melalui konduktor (kabel).

Pembelajaran tentang listrik dapat ditemukan pada materi SMP dan SMA tentang energi listrik. Terdapat dua jenis muatan listrik, yakni muatan positif dan muatan negatif. Perbedaan kedua muatan ini dipresentasikan dalam "Hukum Coloumb".

Besaran dalam listrik dinyatakan dalam kuat arus dan tegangan. Kuat arus didefinisikan sebagai banyaknya muatan listrik yang mengalir dalam selang waktu tertentu. Kuat arus listrik dinyatakan dalam satuan ampere (A). Alat ukur kuat arus listrik adalah amperemeter. Terdapat dua jenis arus listrik, yakni arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik. Tegangan listrik adalah besarnya perbedaan energi antara kutub positif dan kutub negatif yang menyebabkan terjadinya arus listrik. Alat ukur tegangan listrik adalah voltmeter.


Dalam artikel ini, disajikan bentuk media pembelajaran alat ukur listrik, dalam bentuk file swf disertai dengan program untuk menjalankan file tersebut. kedua file tersebut dapat didownload melalui link berikut :

Media Pembelajaran: Alat Ukur Listrik
Flash Movie Player

Post a Comment

 
Top